Senin, 29 Juli 2013

Menghilangkan tembakan knalpot pada motor

Ledakkan dari knalpot atau nembak yang suaranya lebih keras dari petasan cabe itu, kebanyakan akibat setelan angin. Udara yang mencampur bensin kurang. Itu bagi motor yang menggunakan karburator, yang injeksi telah mengatur sendiri campuran udara dan bensin, namanya juga eloktronik. Bisa disebabkan motor yang hidup tidak pada habitatnya. Motor yang biasa hidup di kawasan panas, tiba-tiba diajak ke tempat dingin. Misalnya dari Jakarta atau daerah panas lainnya, ketika melakukan mudik saat lebaran macam ke Puncak, Bogor, Jawa Barat. Gejala nembak terjadi karena AFR (air fuel ratio) berubah. “Campuran berubah karena udara semakin tipis di dataran tinggi. Akhirnya lebih banyak bahan bakar dari pada udaranya,” kata mekanik ROS concept dari ROSconcept di Kopo Permai, Bandung, Jawa Barat. Untuk mengatasinya dengan cara membuka udara pada karburator dengan memutar skrup setelan udara atau air screw. “Dengan begitu tidak ada sisa pembakaran, knalpot jadi bersih,” ujar mekanik ROS concept yang menjelaskan terjadinya ledakan akibat adanya after fire atau pembakaran yang terjadi di pipa knalpot akibat siswa gas buang. ROSconcept menyarankan untuk membuka air screw ½ putaran ke kiri atau sesuai permintaan mesin. Memutar sekrupnya pakai obeng min. “Lebih enaknya busi juga diganti dengan busi panas agar suhu pembakaran mudah dicapai,” ingat ya busi panas memiliki kode angka lebih besar dibanding busi jenis dingin yang dipakai motor saat itu. ROS Crew

Tidak ada komentar:

Posting Komentar